Tehnologi Listrik Tenaga Surya


Perluasan Masjidil Haram » caroline corner

Posted in hajji oleh TenagaSurya pada November 10, 2009
Tags: , , , ,


masjidil1.jpg
masjidil2.jpg
masjidil3.jpg
masjidil5.jpg
masjidil7.jpg
baru2.jpg
baru3.jpg
SUMBER:caroline corner » Blog Archive » Perluasan Masjidil Haram

7 Tanggapan to 'Perluasan Masjidil Haram » caroline corner'

Subscribe to comments with RSS atau TrackBack to 'Perluasan Masjidil Haram » caroline corner'.

  1. TenagaSurya said,

    May 25th, 2009 by Rahmi Karolina
    Arab Saudi mulai mengerjakan enam proyek real estate sebagai bagian dari proyek perluasan Masjid Haram di Makkah.
    Proyek yang menelan biaya 50 milyar riyal ini baru akan selesai sampai 10 tahun ke depan dan bakal mengubah wajah kota Makkah.
    Perluasan Masjidil Haram Makkah kali ini terbesar sepanjang sejarah di kota Makkah dan Madinah. Proyek menelan biaya 6 miliar Riyal Saudi dengan kontraktor termasyhur, Bin Laden.
    Sesuai perintah Pelindung Dua Masjid Suci, Raja Abdullah, proyek ekspansi Masjid Haram disertai dengan pembangunan proyek pembangunan sarana pendukung lainnya, seperti perumahan, sarana transportasi dan fasilitas lainnya bagi warga setempat maupun jamaah haji.
    Untuk membuat ruang terbuka yang dekat dengan Masjid Haram, dibuat Proyek Shamiya, karena proyek ini banyak mengambil wilayah Shamiya.
    Sedikitnya 1.000 bangunan di wilayah Shamiya digusur untuk keperluan proyek tersebut dan pemerintah Saudi menyediakan dana sebanyak 6 milyar riyal untuk dana kompensasi bagi warga yang bangunan miliknya kena gusur.
    Proyek Shamiya didisain untuk menyediakan tempat salat yang lebih luas di sisi utara Masjid Haram, dilengkapi sarana transportasi bagi para jamaah haji.
    Beberapa hotel besar dan apartemen juga akan dibangun di kawasan itu berikut fasilitas publiknya. Proyek lainnya yang akan dilakukan di dekat masjid Haram adalah Proyek Jabal Khandama di sisi timur masjid. Proyek …..

  2. TenagaSurya said,

    ….. sisi timur masjid.
    Proyek yang akan dibangun di atas lahan seluas 150 ribu meter persegi ini, 15 persennya akan dialokasikan untuk penduduk Makkah.
    Di sisi barat daya Masjid Haram akan dibangun Proyek Jabal Omar. Bukit-bukit yang terdapat di area ini diratakan dan dibangun komplek untuk keperluan tempat tinggal, hotel serta pusat-pusat belanja.
    Proyek Jabal Omar akan menyediakan fasilitas tempat tinggal dan tempat salat berpendingin udara yang bisa menampung 100 ribu orang serta tempat salat terbuka untuk 120 ribu jamaah. Proyek pembangunan juga dilakukan di sisi tenggara Masjid Haram, di sekitar Rumah Sakit Ajyad. Di lokasi ini akan dibangun rumah sakit modern dan pusat kesehatan yang dilengkapi dengan fasilitas gawat darurat.
    Untuk kelancaran transportasi ke Masjid Haram, akan dibangun jalan baru King Abdul Aziz Ring Road. Jalan lingkar sepanjang empat kilometer dengan lebar 80 meter ini, akan tersambung dengan jalan Jeddah Expressway.
    Sementara di selatan Masjid Haram, sedangan dibangun kawasan Hijrah.
    Dengan pembangunan kawasan ini, tempat untuk salat di sisi selatan masjid luasnya bertambah dari 1.170 meter persegi menjadi 30 ribu meter persegi. Di tempat juga disediakan lahan parkir untuk 1.000 mobil.
    Proyek perluasan Masjid Haram lainnya yang masih dalam perencanaan adalah proyek di pintu gerbang utara masjid, berupa proyek pembangunan menara dengan ukuran besar. Total luas wilayah yang digunakan untuk membuat ruang terbuka dalam proyek perluasan …..

  3. TenagaSurya said,

    … membuat ruang terbuka dalam proyek perluasan masjid ini dipekirakan lebih dari 40 ribu meter persegi, yang bisa menampung sedikitnya 100 ribu jamaah. Dengan demikian, Masjid Haram di Makkah akan menjadi masjid dengan lapangan terluas dan terpenting di dunia.
    Dengan demikian sejumlah gedung dan hotel mulai digusur termasuk wilayah ‘Pasar Seng’ dari sebelah utara sampai sebelah barat daya yaitu wilayah Gazzah, Raqubah (Pasar Seng), Gararah, Falaq Syamia dan Jabal Hindi.
    Gambar di atas [di bag.2] adalah Hotel Sheraton Makkah yang juga diruntuhkan.
    Gambar di atas adalah Hotel Sofitel di Gararah yang juga diruntuhkan.
    Berbagai bangunan dan hotel strategis …

  4. TenagaSurya said,

    Berbagai bangunan dan hotel strategis di dekat Masjidil Haram yang dulu jadi rebutan menginap jamaah haji kini tinggal kenangan. Bangunan berusia tua itu dihancurkan untuk perluasan Masjidil Haram.
    Tapi kenangan saya dan ibu saya berhaji tahun 1423 H, 2002 M tidak ikut terkubur, karena kami mendapat pemondokan di daerah Hafair, menurut ingatan saya daerah itu agak jauh dari Masjidil Haram dan saya rasa tidak ikut diratakan untuk proyek perluasan masjid.
    Halaman Masjidil Haram sudah dihancurkan untuk direnovasi, nampak Perluasan di depan pintu Salam (Babus Salam). Pintu ini salah satu akses menuju Mas’a Meski diperluas, Mas’a tetap dibuat dari titik Bukit Shofa ke Bukit Marwa.
    Pembangunan tiang beton di halaman Masjidil Haram. Mas’a akan dibuat empat lantai. Masing-masing dengan lebar 20 m. Diperkirakan Mas’a yg baru dapat menampung 3 juta 850 ribu jamaah.
    Sungguh proyek yang luar biasa, Kerajaan Arab Saudi sangat memikirkan kenyamanan bagi jemaah yang akan berhaji dan umroh.
    Semoga proyek ini berjalan lancar dan dapat membawa kebaikan bagi umat.
    *sumber: Caroline Corner

  5. TenagaSurya said,

    asSalaamu’alaykum,
    alhamdulillah wasysyukurulillah.
    Kami sangat mengharapkan agar kita dapat membaca khobar perkembangan proyek perluasan masjid yg kita selalu rindukan utk mengunjunginya lagi dan lagi.
    Hajji1426H
    Baca Bag.2

  6. Drs. H. Sadri said,

    Proyek pembangunan yang sangat sangat luar biasa. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan atas lancarnya pembangunan tersebut demi kemaslahatan umat Islam di seluruh dunia dalam melaksanakan ibadah haji dan umroh, sehingga mencapai kesempurnaan berhaji. Amien

    • TenagaSurya said,

      asSalaamu’alaykum,
      syukron pak haji atas kunjungan ke blog kami.
      Kami juga mengumpulkan khobar dari KemenAg.go.id yg kami kutib dan kumpulkan di:
      http://infoHajji.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: